Pengertian Web Developer dan Jenjang Karir Yang Tersedia


Jika kita melihat sebuah website yang memiliki tampilan atraktif dan responsif, pastinya kita akan menjadi kagum dan bertanya-tanya siapa yang membuatnya? Nah, jawaban sederhana dari pertanyaan ini adalah web developer. Padahal, seorang web developer sendiri memiliki banyak keahlian dan pekerjaan selain hanya membuat sebuah website. Hanya saja, orang awam akan lebih senang menyatakan mereka sebagai pembuat website.

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Developer?

Seorang web developer bisa membuat sebuah website yang canggih bahkan tidak menggunakan template yang ada alias benar-benar dari nol! Website yang dibuat oleh banyak orang bahkan tidak harus melalui seorang web developer. Karena sekarang ada banyak template gratis yang bisa digunakan untuk membangun sebuah web. Dan, tentu saja seorang web developer memiliki kemampuan lebih dari sekedar membuat sebuah web saja.

Hal inilah yang akan kita bahas lebih lanjut. Dimana seorang web developer memiliki kemampuan khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh banyak orang. Mereka memiliki kapasitas untuk membangun sebuah web mulai dari segi desain, bagaimana nantinya web tersebut beroperasi hingga penggunaan secara efektif. Sehingga, dua kemampuan ini harus dikuasai oleh seorang web developer, yakni:

  • Kemampuan untuk menentukan konsep seperti apa yang akan diberlakukan untuk website tersebut nantinya.
  • Menggabungkan konsep tersebut dengan ilmu pemrograman hingga sebuah konsep web yang sudah disediakan bisa terealisasikan dengan baik.

Tentu saja, sebagai seorang web developer seseorang harus memastikan bahwasanya sistem website yang mereka buat dan kembangkan bisa berjalan dengan baik. Sehingga nantinya web ini tidak hanya menampilkan beragam informasi dan gambar saja, tapi juga menjadi tempat yang lebih efektif seperti sebuah web jual beli alias e-commerce.

Siapakah Yang Membutuhkan Jasa Web Developer?

Nah pertanyaan ini akan menyangkut bagaimana jenjang karir dari seorang web developer. Ruang lingkup dari layanan yang diberikan oleh web developer sudah sangat luas sekarang ini. tidak hanya perusahaan-perusahaan berbasis IT saja yang membutuhkannya. Namun, hampir semua perusahaan membutuhkan jasa seorang web developer yang handal.

Pasalnya sudah banyak jenis pendekatan yang digunakan untuk memasarkan dan mengenalkan produk maupun jasa yang dihasilkan oleh beragam perusahaan menggunakan layanan online. Bahkan, sudah banyak juga penelitian yang membuktikan layanan konvensional yang tidak diikuti dengan layanan berbasis online maka tidak lagi efektif. Jadi, akan banyak peluang karir yang menjanjikan bagi seorang web developer sekarang ini.

Dimana Tempat Belajar Sebagai Seorang Web Developer Yang Menjanjikan?

Tentu saja pertanyaan selanjutnya yang banyak dilontarkan oleh seseorang dengan ketertarikan tinggi atas topik web developer ini adalah dimana tempat belajarnya? Nah, untuk jawaban dari pertanyaan ini, akan muncul banyak sekali. Dimana kita bisa mempelajari jenis keahlian ini dimana saja. Bahkan secara otodidak dengan sumber pembelajaran gratis di internet. Hanya saja, metode ini tentunya juga memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangannya adalah pembelajaran dengan materi yang mungkin kurang terorganisir. Sehingga, ada banyak celah yang kurang untuk dilengkapi. Sedangkan tempat belajar lainnya adalah dengan menghadiri kursus atau pelatihan yang terorganisir. Dimana kita bisa mendatangi pelatihan offline maupun online.

Tentunya dengan memilih salah satu penyedia pembelajaran mengenai web developer ini kita akan mengenal banyak hal dengan pembahasan materi yang lebih mendalam. Karena, kita akan dipandu langsung oleh tim yang emmang mengenal bagaimana seluk beluk dunia web developer tersebut.